Ad

4/4/12

Pulau Tidung

Jembatan cinta di Pulau Tidung
Jembatan cinta di Pulau Tidung
Jembatan cinta Pulau Tidung
Jembatan cinta menuju
Pulau Tidung kecil 

pantai barat Pulau Tidung
Indahnya pantai barat Pulau Tidung.











Pulau Tidung merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Secara Geografis, Kepulauan Seribu masuk ke dalam Propinsi DKI Jakarta, terletak di sebelah utara Jakarta. Maka Kepulauan Seribu ini berada di wilayah Administrasi Kodya Jakarta Utara.


Selain Pulau Tidung, ada banyak pulau di Kepulauan Seribu ini, antara lain : Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, Pulau Rambut, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Payung, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Hantu, dll.



Untuk menuju ke pulau ini, ada beberapa lokasi penyeberangan, yaitu Tanjung Pasir, Pantai Marina Ancol, dan Muara Angke. Tapi bila anda ingin memilih penyeberangan yang Reguler, maka anda harus ke Muara Angke. Di Muara Angke ini, setiap perahu mempunyai tujuan yang berbeda-beda, dan tentunya dengan ongkos yang berbeda pula. Jadi seperti di terminal bis. Anda bisa menanyakan perahu yang menuju Pulau Tidung kepada awak perahu disana.
Jadwal keberangkatan ke Pulau Tidung hanya 1 kali dalam sehari, yaitu jam 7.30 pagi. Ongkosnya sudah di tetapkan, yaitu Rp25.000,-/ orang. Dari Pulau Tidung juga hanya ada 1 kali jadwal penyeberangan ke Muara Angke, yaitu jam 7.30 juga. Bila hari minggu atau libur, bisa ada 2 sampai 3 kali keberangkatan. Tergantung ramainya pengunjung.


O ya, untuk menuju ke Muara Angke, anda bisa naik angkot dari Muara Karang (kalau naik angkutan umum). Untuk menuju Muara Karang, anda dapat naik Busway dari mana saja. Tanyakan saja kepada petugas di halte/loket, anda mesti naik yang ke mana, turun di mana, naik lagi ke mana. Anda tidak perlu membeli karcis lagi, selama anda belum keluar dari halte. Tiketnya cuma Rp 3.500,- sampai mana saja, atau berapa kalipun anda naik.


Pulau Tidung ini memiliki panorama pantai yang indah, airnya yang jernih, sehingga anda dapat melihat dasar pantai dengan jelas. Disini anda juga dapat menyelam atau diving/snorkling. Ada juga penyewaan sepeda bila anda ingin berkeliling pulau. Wah.. pokoknya asyik deh ke Pulau Tidung ini..


Snorkling
Snorkling
snorkling
Indahnya pemandangan bawah laut













O ya, kalau mau ke Pulau Tidung jangan pada bulan-bulan musim hujan. Karena biasanya ombak suka besar. Pernah aku baru berangkat 15 menit, tiba-tiba di perjalanan hujan lebat. Ombak pun besar, tidak bagus untuk pelayaran kapal. Akhirnya perahu kembali lagi ke Muara Karang, menunggu ombaknya tenang kembali.


Gitu aja sekilas info tentang Pulau Tidung, lain kali akan saya tulis tujuan wisata yang lainnya..


Baca juga:
Update artikel terbaru, Backpacking ke Pulau Tidung



0 komentar:

Post a Comment