Ad

4/15/12

Bekerja Keliling Indonesia

Pada bulan Juni 2010 aku mendapatkan tawaran pekerjaan memasang instalasi jaringan komputer dan telpon di sebuah bank syariah swasta yang sedang gencar membuka cabang, cabang pembantu, kantor kas, payment poinment, di seluruh Indonesia. Target bank tersebut adalah setiap kecamatan di Indonesia ini, minimal ada 1 kantor cabang pembantu atau kantor kas. Aku bekerja dibawah vendor yang di kontrak oleh bank tersebut.


Tawaran ini aku sambut dengan antusias, karena aku senang dengan keliling Indonesianya itu. Sudah lama aku impikan kapan ya bisa keliling Indonesia atau minimal bisa mengunjungi beberapa daerah di wilayah Indonesia tercinta ini. Aku juga senang karena untuk menuju lokasi yang berada di luar pulau jawa, aku harus naik pesawat. Wah, sesuatu yang sudah lama aku idam-idamkan! Walau sebelumnya aku sudah pernah sekali naik pesawat ke rumah saudara di Sungai penuh Jambi.


Naik pesawat Lion Air Boing 737 ER 900 serie
Tugas Pertama ke Batam
Tugas pertamaku waktu itu ke Batam. Ini foto-fotoku selama 9 hari di Batam. (Sayang foto-foto banyak yg terhapus)


    


Jembatan Barelang
Di Jembatan Barelang
Sebenarnya aku lebih suka menjadi seorang pengusaha daripada menjadi pekerja. Apalagi aku pernah mengalami nikmatnya menjadi pengusaha dengan kemajuan yang sangat pesat, walaupun hanya kelas teri. Sampai aku bisa membeli mobil baru dan dapat merenovasi rumah menjadi semi permanen 3 lantai hanya dalam waktu 4 tahun. Hingga suatu saat aku mengalami kebangkrutan tanpa kuketahui penyebabnya. Tapi dari usaha tersebut paling tidak masih kelihatan hasilnya, yakni rumah yang telah direnovasi ini. Alhamdulillah. Dan pada saat bangkrut itulah aku mendapat pekerjaan ini. 

Aku bersyukur sekali mendapat pekerjaan ini karena backround pengetahuan pekerjaan tersebut, aku tidak paham sama sekali alias nol besar. Makanya aku memulai pekerjaan ini dengan menjadi kenek seorang supervisor pada vendor tersebut. Tak apalah, karena bila kita ingin merintis segala sesuatu memang harus dari dasar. Seperti dulu aku merintis usaha.

Tugas utama kenek adalah membobok bobok dinding, membolongi plafon, membantu penarikan kabel, dan merapikan kembali bekas-bekas bobokan dan lubang di plafon. Aku lakoni pekerjaan ini dengan semangat dan kemauan belajar yang tinggi agar bisa mengusai pekerjaan ini dengan profesional. Tanpa mengenal lelah dan waktu aku pelajari dengan sungguh sungguh tehnik jaringan ini sampai instalasi rak server dan setting pabx.


Instalasi jaringan kabel di atas plafon.
Instalasi Jaringan Kabel di atas Plafon
Instalasi jaringan di atas plafon
Instalsi Jaringan Kabel masuk ke dalam
Partisi/dinding


Instalasi kabel telpon di terminal MDF
Instalasi kabel telpon di terminal MDF
Instalasi Terminnal MDF & PABX
Instalasi Terminnal MDF & PABX


Instalasi kabel LAN di rak server
Instalasi kabel LAN di rak server
Instalasi box telpon di luar
Instalasi box telpon di luar


Instalasi outlet di bawah meja rapat
Instalasi outlet telpon &data
di bawah meja rapat
Instalasi outlet telpon dan data di dinding
Instalasi outlet telpon dan data
di dinding


Pesawat telpon yang dihubungkan  ke  outlet  di dinding
Pesawat telpon yang dihubungkan
ke  outlet  di dinding
Dan Alhamdulillah, innama a'malu binniyaat, sesungguhnya segala sesuatu berdasarkan niat. Karena niat agar bisa menjadi pekerja profesional itulah maka hanya 3 kali menjadi kenek, aku sudah bisa menjadi supervisor. Kebetulan saat itu perusahaan tempat di mana aku bekerja sedang  membutuhkan sepervisor baru, maka akupun mengajukan diri menerima tantangan ini. Dan syukur aku dapat diterima menjadi supervisor.

Setelah tugas menjadi kenek ke Batam, Tegal, dan Brebes, maka pada tugas yang ke 4 aku menjadi supervisor dan berangkatlah aku ke Kendari - Sulawesi Tenggara, 5 hari sebelum puasa waktu itu. Tapi karena baru diangkat jadi supervisor, maka tugas ke Kendari ini aku masih dibarengi dengan supervisor lain, untuk berjaga-jaga kalau aku tidak bisa menguasai pekerjaan. Dan syukur aku dapat menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik selama 12 hari (5 hari nganggur menunggu kiriman barang dari jakarta). Setelah menjadi supervisor aku baru tahu berapa nilai borongan yang aku terima. Wah lumayan banget deh.. Tahun depan bisa umroh nih, kataku dalam hati.(Alhamdulillah dapat terlaksana pada bulan Februari 2012).


Di Bandara Haluoleo Kendari
Di Bandara Haluoleo Kendari
"Penampakan" di lokasi kerja
"Penampakan" di lokasi kerja

membicarakan harga saham dunia
Selesai bekerja, membicarakan
harga saham dunia. hehe...
Mejeng ah
Santai di malam hari. Siapa tau
ada yang nawar...?

Ismail, chef masakan internasional











Setelah pulang dari Kendari, aku dipercaya memegang proyek sendiri di beberapa daerah. Antara lain:
**Purwakarta pada pertengahan puasa 2010.


waduk Jatiluhur
Jalan-jalan ke waduk Jatiluhur di Purwakarata
**Palu - Sulawesi Tengah, seminggu sebelum lebaran sampai lebaran hari pertama.
Di Bandara Palu
Di Bandara Palu
Jalan jalan di kota Palu
Jalan jalan di kota Palu

 **Medan - Sumatera Utara dan lanjut ke Padang - SumBar.


Jalan-jalan ke Pantai Padang
Jalan-jalan ke Pantai Padang
Danau Atas Bawah
Danau Atas Bawah










**Jakarta - jalan Sudirman.
**Jakarta - Gandaria.
**Makasar (Pasar Butung) dan Gowa - Sulawesi Selatan.

Pantai Losari, Makasar
Pantai Losari, Makasar
Balla Lompoa, Sungguminasa, Gowa
Balla Lompoa, Sungguminasa, Gowa

Balla Lompoa, Sungguminasa, Gowa
Balla Lompoa, Sungguminasa, Gowa

**Bogor - Jawa Barat.
**Jampang Surade - Jawa Barat.

Sukabumi Resort
Sukabumi Resort
Sukabumi Resort
Sukabumi Resort

**Bintan Center, Tanjung Pinang - Kepri.
**Manis mata, Kalimantan Barat.





**Jember - Jawa Timur.
**Malang - Jawa Timur (Jln Soekarno Hatta).
**Kupang - Nusa Tenggara Timur.

Pilot Pesawat Telpon
Pilot pesawat telpon
NComputing
Mengerjakan Lab Komputer di sekolah

 **Ambon - Maluku.

Di tepi teluk Ambon
Di tepi teluk Ambon
Di kapal ferry
Di kapal ferry penyeberangan

**Manado - Sulawesi Utara.
**Malang - Jawa Timur (Jln Singosari).
**Tumpang, Kab Malang - Jawa Timur.
**Jakarta - Blok M.
**Mojosari, Mojokerto - Jawa Timur.
**Makasar - (Pasar Central).
**Bekasi - Jawa Barat.
**Serang - Banten.
**Cilegon - Banten.
**Palembang, Palembang Square
**Banda Aceh
**Langsa, Aceh
**Pluit, Jakarta

Cuma segitu aja beberapa daerah yang pernah aku kunjungi. Memang belum semua provinsi di Indonesia, tapi paling tidak aku bersyukur bisa mengunjungi daerah daerah tersebut. Naik pesawat gratis, naik kereta eksekutif gratis, naik bis eksekutif gratis, dapat pengalaman, e dapat duit pula. Ya Allah.. hamba bersyukur sekali. Terima kasih ya Allah...

Lain kali akan kuceritakan pengalaman-pengalaman menarik saat mengunjungi daerah-daerah tersebut.

Sekarang tinggal berharap, kapan ya bisa keliling dunia..? hehehe.. Siapa tau..?



Lihat Kota/daerah yg pernah kusinggahi di peta yang lebih besar

0 komentar:

Post a Comment